Selasa, 31 Maret 2020

B.  Perencanaan Produksi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang
kelas xi
Perencanaan produksi kerajinan umumnya lebih menitikberatkan pada nilai- nilai keunikan (uniqueness) dan estetika (keindahan), sementara dalam pemenuhan fungsinya lebih menekankan  pada  pemenuhan  fungsi pakai yang lebih bersifat fisik (fisiologis), misalnya benda-benda  pakai, perhiasan,  furnitur,  sandang,  dan sebagainya.

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. Diharapkan kalian dapat mengeksplorasi lebih jauh berbagai macam perencanaan proses produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara.

Dalam  perkembanganya  produk  kerajinan  tidak  dapat  melepaskan  diri  dari unsur-unsur  seni pada umumnya. Sentuhan-sentuhan  estetik sangat penting untuk mewujudkan karya kerajinan yang bermutu  dan bernilai ekonomis. Pada produk kerajinan, aspek fungsi menempati porsi utama, maka karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis yang meliputi kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika). Penerapan unsur ergonomis pada produk kerajinan yang memiliki fungsi pakai sangat penting, karena produk kerajinan tersebut lebih mengutamakan fungsi dan kegunaannya.

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar pada semester 1, kalian sudah mempelajari tentang unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan. Diharapkan  kalian dapat  mengenali, mengeksplorasi tentang  unsur  estetika dan ergonomis  serta mengembangkan  produk-produk    kerajinan  dari  bahan  limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu dan di wilayah nusantara.

Beberapa persyaratan dalam perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

a.   Menentukan Bahan/Material Produksi Kerajinan
Pemilihan  bahan/material  dalam pembuatan  karya kerajinan  sangat penting, karena material akan mendukung nilai bentuk, kenyamanan terutama dalam menggunakan benda terapan dan juga akan mempengaruhi kualitas dari barang tersebut.

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang menentukan bahan/material produksi kerajinan dari bahan limbah. Diharapkan kalian dapat mengembangkan lebih jauh berbagai bahan/material produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara.

b.   Menentukan Teknik Produksi
Beberapa jenis kerajinan memiliki alat dan keterampilan khusus untuk mewujudkannya. Teknik produksi  kerajinan disesuaikan dengan bahan, alat dan cara yang digunakan.

Dalam pelaksanaan pembuatan produk-produk kerajinan yang menggunakaan bahan limbah berbentuk  bangun ruang dapat dilakukan dengan:
1)   Teknik pahat
2)   Teknik ukir
3)   Teknik konstruksi atau sambungan
4)   Teknik raut
5)   Teknik bubut dan sebagainya.

Sedangkan teknik yang digunakan  dalam pembuatan  barang-barang kerajinan dengan menggunakan bahan limbah berbentuk bangun ruang dapat dilakukan dengan:
1)   Teknik pahat
2)   Teknik cetak
3)   Teknik ukir
4)   Teknik kolase dan sebagainya.

tugas
1. Jelaskan yang dimaksud perencanaan produksi kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang?
2. Berikan penjelasan tentang beberapa teknik perencanaan produksi kerajinan dibawah ini ..?
a. teknik ukir
b. teknik pahat
c. teknik kolase
d. teknik bubut
3. Apakah yang anda pahamin tentang pemilihan  bahan/material dalam pembuatan  karya kerajinan..?
4. Mengapa dalam membuat kerajinan harus memperimbangkan unsur estetika..?
5. Selain unsur estetika mengapa unsur ergonomis karya kerajinan nitu juga penting jelaskan..?

tugas untuk 1 minggu 30 maret-4 april/2020
pak hery

email: pkherymemangtop@gmail.com