Secara ekonomi produk kerajinan dapat menjanjikan dan memiliki peluang pasar yang menggembirakan apalagi ditunjang dengan melimpahnya bahan baku, tenaga kerja yang relatif murah dibanding negara lain, sehingga dapat menekan biaya produksi.
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga.
Zaman dahulu ketika negara sedang tumbuh, promosi mungkin tidak terlalu penting karena masyarakat memang mencari dan menumbuhkan suatu barang. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan munculnya persaingan-persaingan di
Ada tiga elemen penting dari sasaran atau target sebuah promosi, yaitu:
a. Pembentukan merek (branding)
b. Layanan kepada konsumen yang berupa komunikasi dan pemberian informasi
c. Menciptakan kesetiaan pelanggan.
Ada enam kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut:
a. Penjualan personal (personal selling)
Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media individu. Sistem komunikasi antara perusahaan dan konsumen dilakukan oleh tenaga penjual atau wiraniaga. Sistem komunikasi dengan cara penjualan personal banyak dilakukan untuk produk-produk jasa, distribusi, perdagangan, dan lain-lain. Penjualan personal digunakan jika anggaran promosi tidak terlalu besar.
b. Iklan (advertising)
Ikan adalah komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan. Melalui sistem komunikasi diharapkan calon pelanggan bisa melihat, mendengar, membaca, mengenal dan akhirnya tertatik dengan produk yang diiklankan di sebuah media, misalnya spanduk, banner, internet, radio, atau televisi.
c. Promosi penjualan (sales promotion)
Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi penjualan terdiri dari beragam alat promosi yang dirancang untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap produk.
d. Publikasi (publication)
Publikasi mencakup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi penjualan. Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.
e. Sponsorship
Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat.
f. Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (pint of purchase)
g. Komunikasi dengan sistem ini bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada saat orang tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.
Soal Latihan
1. Penentuan produk apa yang akan dibuat dengan mempertimbangkan masukan berbagai pihak diantaranya konsumen dan karyawan adalah tahap …
A. persiapan
B. penyaringan gagasan
C. uji coba
D. komersialisasi
E. evaluasi
2. Kegiatan yang merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran pada masa akan datang untuk mencapai suatu tujuan merupakan pengertian dari …
A. tujuan rencana pembayaran
B. keguanaan pemasaran
C. penyusunan pemasaran
D. rencana perusahaan
E. rencana kegiatan
3. Dalam perencanaan pemasaran juga mengikuti fungsi manajemen secara umum kecuali …
A. programming
B. planning
C. organizing
D. actuating
E. controlling.
4. Pada langkah-langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …
A. perencanaan
B. pengorganisasian
C. pelaksanaan
D. action
E. pengendalian
5. Pada langkah-langkah perencanaan pemasaran kegiatan : analisis segmen pasar dan pesaing serta pembuatan rencana aktivitas termasuk dalam tahap …
A. perencanaan
B. pengorganisasian
C. pelaksanaan
D. action
E. pengendalian
6. Tingkat kemampuan dari suatu produk dalam melaksanakan fungsinya yang diharapkan disebut dengan:
A. kemasan
B. kualitas
C. kekuatan
D. pelayanan
E. moto
7. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …
A. pelanggan
B. bentuk
C. tempat
D. fungsi
E. waktu
8. Harga ditentukan berdasarkan lokasi / wilayah dimana produk ditawarkan, merupakan metode penentuan harga menurut …
A. pelanggan
B. bentuk
C. tempat
D. fungsi
E. waktu
9. Pada produk baru, menetapkan harga serendah mungkin dengan tujuan untuk menguasai pasar dan memperoleh banyak konsumen, merupakan strategi dari …
A. pricing
B. skimming price policy
C. penetration pricing policy
D. introductory price dealing
E. dumping
10. Salah satu bab dari struktur perencanaan pemasaran yakni melaksanakan analisis situasi. Bagian dari lingkungan netral yang harus dianalisis diantaranya...
a. Demografi
b. Lingkungan kompetitor
c. Lingkungan finansial
d. Faktor sosial dan budaya
e. faktor pengorganisasian
tugas dikumpulkan dikertas dan dibukukan 17/03/2020
pak hery
email: pkherymemangtop@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar