Senin, 23 Maret 2020

Manfaat Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

kelas : xi/ipa/s

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar di semester
1  sudah  dibahas  tentang  manfaat  produk  kerajinan.  Anda  diharapkan   dapat mengeksplorasi manfaat produk kerajinan tersebut.
Seperti pada produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang juga memiliki fungsi sebagai berikut.

a.   Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Pakai
Produk kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur  keindahan  hanyalah  sebagai pendukung.  Berikut  contoh  karya kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang sebagai benda pakai.
b.   Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Hias
Produk kerajinan yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya. Berikut contoh kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang yang berfungsi sebagai benda hias.
3.  Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang


Masing-masing daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya dari masing-masing daerah berbeda- beda.
Di bawah ini merupakan contoh hasil limbah berbentuk bangun ruang yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya.
a.   Daerah pesisir pantai atau laut
Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak tersedia adalah cangkang kerang laut, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, dan lainnya.
b.   Daerah pegunungan
Limbah berbentuk  bangun  ruang yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah biji-bijian kering, buah-buahan kering, kulit durian, dan lainnya.
c.   Daerah pertanian
Limbah berbentuk bangun ruang yang didapat pada daerah ini adalah biji- bijian kering, bunga kering, kulit pohon kering, dan lainnya.
d.   Daerah perkotaan
Limbah berbentuk  bangun  ruang  yang dihasilkan di daerah  perkotaan biasanya kulit kacang, kulit telur, kemasan plastik, botol plastik, botol kaca, kemasan kaleng, dan lainnya.


tugas 

1. Sebutkan macam limbah berbentuk bangun ruang..!!
2. Sebutkan 5 contoh kerajinan Daerah pesisir pantai atau laut, Daerah pegunungan, Daerah pertanian,Daerah perkotaan..!!
3. Jelaskan cara Proses pengolahan masing-masing bahan limbah berbentuk bangun ruang secara umum..?
4. Jelaskan secara tertulis Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Pakai..?
5. Apakah perbedaan Produk Kerajinan sebagai Benda Hiasan dan sebagai benda pakai..?

tugas dikumpulkan dengan ujut kertas di bukukan   6/4/2020
Pak hery
email: pkherymemangtop@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar